

Jembatan suramadu yg merupakn jembatan yg terpanjang dikawasan asia tenggara dgn panjang 5,4 km, dgn biaya lebih kurang 6 t dgn pembiayaan multi years, pembgunanan jembatan suramadu di yakini akan meningkatkan ekonomi dikawasan jatim terutama surabya sekitarnya dn diyakini akan membuka isolasi madura yg telah sekian lama tertutup dr daerah2 sekitarnya padahal madura memiliki sda yg blm terkelola dgn baik yg berupa minyak, gas, dll.
Berkaca pd hal tersebut maka keterisolasian daerah dn keterbukaan ekonomi dapat diatasi dgn pembukaan jalur2 perhubungan seperti jalan, jembatan, pelabuhan, bandara, dll. Maka kalimantan untuk meningkatkan daya saing maka pembukaan jalan menjadi sangat penting, maka realisasi jalan trans kalimantan yg menghubungkan utara kaltim-kalsel-kalteng-kalbar/utara dan kaltim jalur perbatasan menjadi sangat penting, utk membuka keterbelakangan pengetahuan dan ekonomi, maka sudah saatnya pemerintah pusat sudah harus memberi perhatian lebih terhadap kalimantan, karena sesungguhnya kalimantan telah menjadi sumber anggaran bg negara ini dan akan tetap menjadi sumber pendanaan jikalau faktor2 pendukung seperti jalan bisa terealisasi.
jalan trans kalimantan yang merupakan impian seluruh rakyat kalimantan sebenarnya sudah dianggarkan melalui APBN 2007 Rp.1.267 triliun dengan rincian sebagai berikut : Poros Selatan (Rp 745.69 miliar), Poros Tengah (Rp.318,303 miliar), Poros Utara (Rp.203.193 miliar) dengan total panjang jalan 5925,77 km.
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan sampaikan tanggapan